Rabu, 16 April 2014

TENTANG PULAU DERAWAN


Derawan adalah sebuah kepulauan di Provinsi Kalimantan Timur Tepatnya berada di Kabupaten Berau, terdiri dari beberapa pulau yang diantaranya Pulau derawan, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, Pulau maratua dan beberapa pulau kecil lainnya. Kekayaan ekosistem kepulauan derawan berada diurutan kedua di dunia setelah Raja Ampat, Papua. yakni dengan terdapatnya lebih dari 460 jenis karang dan lebih dari 870 jenis ikan mulai dari kuda laut kerdil hingga Pari manta raksasa. itulah mengapa kepulauan derawan juga di juluki sebagai the 2nd Raja Ampat.

Perairan Pulau Derawan adalah rumah para penyu raksasa, maka tak heran jika hanya dari dermaga saja kita bisa melihat penyu sebesar meja hilir mudik mencari makan. Sedangkan di Pulau Sangalaki jika beruntung kita bisa bertemu dengan kerumunan Pari manta raksasa. Sementara di Pulau Maratua kita bisa bertemu dengan schooling ikan2 besar seperti baracuda bahkan hiu karpet atau wabegong sekalipun. Di Pulau Kakaban terdapat coral garden berbentuk wall/dinding, di kakaban ini juga kita dapat menemukan Danau Kakaban, Danau ubur-ubur terbesar dan paling beragam di dunia , termasuk empat spesies unik ubur-ubur stingless yang dapat berenang terbalik. Inilah alasanya mengapa Kakaban pada tahun 2005 dipertimbangkan menjadi nominasi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Terdapat beberapa jalur yang bisa digunakan untuk mencapai kepulauan Derawan, salah satunya adalah via Tarakan, perjalanan dari Jakarta menuju Tarakan dilakukan dengan penerbangan yang dilayani beberapa maskapai diantaranya lion air, sriwijaya atau garuda. baik penerbangan langsung ataupun transit di balikpapan, setelah sampai di bandara Tarakan perjalanan dilanjutkan menuju pelabuhan Tengkayu (Tarakan) selama 15 menit. dari pelabuhan ini kita bisa mencapai kepulauan Derawan dengan Speed Boat yang memakan waktu kurang lebih 3 jam saja. Selain itu untuk menuju Kepulauan Derawan juga dapat di tempuh melalui kab. Berau yg juga dilakukan dengan penerbangan, sesampainya di Kab. berau Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Tj. Batu dengan jalur darat yang memakan waktu sekitar 2 - 3 jam, dari Tj. Batu ini kita bisa mencapai kepulauan Derawan dalam waktu 45 menit dengan menggunakan Speed boat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar